#

..code, catatan seorang programmer

Programmer Kerja Lembur Apakah Lebih Baik?

Di industri software sudah menjadi anggapan yang umum bahwa seorang programmer itu seringkali dituntut harus siap bekerja lembur. Bekerja ekstra lebih lama dari karyawan lainnya.

Ada satu pertanyaan yang mengusik: Apakah jika seorang programmer bekerja lebih lama (lembur) akan baik hasilnya?

Dari pengamatan yang dilakukan beberapa mahasiswa Universitas Stanford [1] atas industri pembuatan software. Dijelaskan bahwa jika seorang karyawan (lebih specific programmer) bekerja diatas waktu normal maka produktivitas-nya justru akan lebih menurun. Kualitas code yang dihasilkan lebih buruk dan lebih banyak kesalahan yang kemudian harus terus diperbaiki.

Ada juga satu contoh ekstreem dari tulisan seorang programmer di blog nya yang menceritakan tentang seorang teman kerjanya (seorang programmer juga) yang mengalami gangguan jiwa [2] karena bekerja terlalu keras dan dipaksakan.

Menurut penulis, jika seorang programmer sekali-sekali bekerja ekstra lebih lama (lembur) tentulah boleh. Tidak apa-apa. Kita tahu membuat software bukanlah pekerjaan mudah. Dan kadang pekerjaan kita memang membutuhkan hal ini.

Tapi yang harus diingat janganlah terus-menerus. Apalagi dalam jangka waktu yang lama. Karena bukan hasil lebih baik yang kita dapatkan, tapi lebih banyak dampak buruknya.


Referensi:

1. http://cs.stanford.edu/people/eroberts/cs201/projects/crunchmode/econ-hours-productivity.html

2. http://startingdotneprogramming.blogspot.co.id/2013/04/i-knew-programmer-that-went-completely.html
Share to:
Newer Post Older Post
Comments